Yuk, Ciptakan Momen Istimewa dengan Makan Bersama

makan bersama
Pernah merasakan rindu suasana makan bersama dengan keluarga tercinta? Yup, makan bersama adalah salah satu acara yang paling banyak dinanti dan  memberikan manfaat besar bagi seluruh keluarga. Bukan berarti makanan yang dihidangkan harus lezat dan mahal, akan tetapi kebersamaan yang tercipta menjadi nilai tambah. Nah, disinilah peran orang tua untuk mulai mengenalkan program menarik yang satu ini.

Mengapa hal ini penting dan sebaiknya dilakukan di masa dini? Karena ada banyak manfaat yang ditawarkan dengan acara makan dengan anggota keluarga lainnya termasuk si kecil yang masih dalam tahap belajar. Yang pertama adalah si kecil akan belajar tentang makan sehat yang ditiru langsung dari orang tua mereka. Disilah momen yang tepat untuk mengenalkan jenis makanan yang mungkin terasa asing bagi mereka seperti sayuran misalnya. 

(source:https://res.cloudinary.com/sisternet-co-id/image/upload/c_thumb,h_550,w_802/v1479618668/article/jlkepf3blrzqd9eahdak.jpg)

Nah, kalau si kecil melihat orang tuanya begitu lahap menyantapnya maka dengan senang hati ia akan melakukannya juga. Kemudian, manfaat lainnya adalah mengajarkan si kecil untuk berkomunikasi. Berawal dari mengobrol di meja makan akan membuat si kecil belajar tentang teknik komunikasi dengan menyampaikan segala aktifitas mereka. 

Bahkan, tidak menuutup kemungkinan mereka akan bertanya tentang banyak hal kepada orang tuanya. Manfaat ketiga adalah si kecil akan belajar sopan santun. Dengan makan bersama maka si kecil akan memahami bagaimana memegang sendok atau garpu, kemudian menyendok nasi mengucapkan kata tolong dan terima kasih serta hal positif lainnya. 

Jika ini terus dibiasakan, maka si kecil akan mudah menerapkannya di tempat umum sekalipun. Oh ya, membentuk karakter anak juga bisa dimulai dengan mengajak si kecil untuk membantu menyiapkan segala hal. Seperti menyiapkan piring, lauk, menata makanan dan lainnya. Dengan demikian, si kecil akan diberi tanggung jawab dimana nantinya akan menimbulkan rasa percaya diri.

Masih canggung untuk memulai? Jangan khawatir, jika dilakukan secara perlahan maka kegiatan ini akan semakin menyenangkan tidak hanya bagi orang tua saja, terlebih bagi si kecil. Meskipun kegiatan ini tergolong sederhana namun manfaat yang dirasakan benar benar bisa membentuk kepribadian si kecil ke depannya.

Komentar