Kenali 4 Manfaat Laktosa pada Susu Formula!

laktosa pada susu formula


Susu formula yang dijual di pasaran sebagian besar berasal dari susu sapi. Beberapa orang menganggapnya kurang bagus karena di dalamnya ada zat penyebab alergi. Suatu kondisi yang sering disamakan dengan lakcose intelorant. Jangan salah, meskipun beberapa orang mengalami kondisi yang tidak menyenangkan, laktosa pada susu formula mempunyai banyak manfaat.

Apalagi sebenarnya zat ini juga terkandung dalam ASI lho! Jadi, kalau dipikir-pikir zat ini pasti ada manfaatnya bukan?

Berikut empat manfaat luar biasa dari laktosa yang terdapat pada susu formula untuk balita.

1. Sumber Energi

Laktosa mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan siapapun dalam tubuh. Karbohidrat ini merupakan zat penghasil energi. Sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh anak balita. 

laktosa pada susu formula


Mereka yang sangat aktif karena memang pertumbuhan dan perkembangannya sedang pesat. Jika energi yang dibutuhkan kurang, pergerakan dan aktivitas terhambat. Anak juga terlambat belajar banyak hal.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Laktosa sering dituding tidak bagus untuk pencernaan karena penyebab alergi bagi beberapa orang. 

Kenyataannya tidak demikian. Laktosa justru sangat bagus untuk pencernaan.

Seperti diketahui, di usus pencernaan manusia dibantu oleh banyak bakteri baik. 

Nah, laktosa merangsang perkembangbiakan bakteri baik. 

Menurut ilmu kesehatan, kesehatan tubuh tergantung pada sehatnya sistem pencernaan. Mengapa? Energi tubuh dan zat gizi yang diperoleh dari makanan akan maksimal diserap oleh pencernaan.

3. Meningkatkan Fungsi Otak dan Syaraf

Laktosa mengandung gula yang disebut sebagai galaktosa. Gula ini menghasilkan galaktolipid. Zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi otak dan syaraf. 

Anda pasti tahu bahwa masa balita disebut sebagai periode emas. Pertumbuhan dan perkembangan akan optimal jika fungsi otak dan syaraf baik. 

4. Menyehatkan Tulang

Manfaat keempat laktosa adalah membantu penyerapan kalsium. Zat yang menjadi penyusun utama tulang. 

Dengan tulang sehat pertumbuhan akan optimal pula. Kalsium juga terdapat pada susu. Pas bukan? Semua orang tentu ingin anak yang bertumbuh dan berkembang optimal karena sehat.

Ternyata laktosa penting sekali untuk perkembangan balita ya? Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir memberikan ananda konsumsi laktosa pada susu formul

Komentar